Selasa, 05 Mei 2015

Biografi Teuku Nyak Arief



TEUKU NYAK ARIEF



Teuku Nyak Arief dilahirkan di Ulee Lheu (5 Km dari Kuta Raja, Banda Aceh) tepatnya pada tanggal 17 Juli 1899. Ayahnya bernama Teuku Nyak Banta, sedangkan Ibunya bernama Cut Nyak Rayeuk. Kedudukan Ayah Teuku Nyak Arief adalah sebagai Panglima Sagi 26 Mukim (Wilayah Aceh Besar). Teuku Nyak Arief merupakan anak yang ke 3 dari 5 bersaudara dua diantaranya laki-laki dan tiga perempuan, adapun saudara Teuku Nyak Arief adalah sebagai berikut:
1.      Cut Nyak Asmah.
2.      Cut Nyak Mariah.
3.      Teuku Nyak Arief.
4.      Cut Nyak Samsiah.
5.      Teuku Muhammad Yusuf.
Teuku Nyak Arief ketika masih kanak-kanak termasuk anak yang cerdas, berani dan mempunyai watak yang keras seperti Ayahnya. Beliau selalu menjadi  pemimpin diantara teman-teman sepermainanya, baik dalam pergaulan  maupun disekolah.
Teuku Nyak Arief menempuh sekolah dasar (SD), di SD Kuta Raja (Banda Aceh), dan setelah beliau menyelesaikan sekolah dasarnya di Kuta Raja kemudian beliau melanjutkan pendidikannya disekolah Raja (Kweek School) di Bukit Tinggi dan kemudian melanjutkan pendidikannya lagi di Pamongpraja (OSVIA) di Serang (Banten). Sekolah ini khusus diadakan oleh Belanda untuk anak-anak Raja dan Bangsawan dari seluruh Indonesia.
Teuku Nyak Arief dikenal sebagai orator walaupun selalu berbicara seperlunya saja, sangat gemar membaca terutama menyangkut politik dan pemerintahanserta mendalami pengetahua agama. Oleh sebab itu tidak mengherankan kalau dalam usia muda Beliau telah giat dalam pergerakan. Kegiatanya antara lain ikut membawa Aceh kedalam wadah persatuan Hindia (nusantara/ Indonesia) serta mencurahkan perhatian yang besar untuk peningkatan kesejahteraan rakyat. Beliau diangkat menjadi ketua Nasional Indische Party ( N.I.P) cabang Banda Aceh pada tahun 1919. Setahun kemudian tepatnya pada tahun (1920) Beliau menggantikan Ayahnya sebagai panglima sagi 26 mukim. Kemudian di tahun 1927, Beliau diangkat menjadi anggota Dewan Rakyat (Volkraat) sampai dengan tahun 1931.
Teuku Nyak Arief merupakan salah satu pendiri dan anggota dari Fraksi Nasonal Dewan Rakyat yang diketuai oleh M.H. Thamrin. Dalam berbagai kesempatan yang diperolehnya ini Beliau banyak memberikan sumbangan dalam bentuk perjuangn politik baik untuk kesejahteraan rakyat maupun kemerdekaan. Dalam menentang penjajahan Belanda di Aceh aksiyang pernah dilakukannya adalah meminpin gerakan bawah tanah (tahun 1932). Di akhir kekuasaan pemerintahan Belanda di Aceh ( awal tahun 1942). Beliau menuntut untuk di serahkan kekuasaan/pemerintahan kepada Beliau, tetapi karena tidak dikabulkan Residen Aceh j.paue maka memberontak kepada pemerintah Hindi Belanda. Kolonel Gogenson memerintakan KNIL/Marsose yang dapat memukul mundur pasukan Teuku Nyak Arief,  namun Beliau terhindar dari penangkapan dan penembakan di kediamannya di Lamyoeng (Darussalam) ketika diserang.
Teuku Nyak Arief meninggal dunia pada tanggal 4 Mei 1946 di Takengon (Aceh Tengah) dalam status tahanan dan dimakamkan pada perkuburan keluarga Beliau di Lemreung ± 2 Km dari Lamyoeng (Banda Aceh).
Teuku Nyak Arief dikukuhkan sebagai pahlawan Nasional dengan surat keputusan Presiden RI No. 071/TK/tahun 1947,  tanggal 9 November 1974. 



Sumber: Abdurrahman. 2002. Bioggrafi Pejuang Aceh. Banda Aceh. Dinas Kebudayaan Aceh. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar